Post Title 2

Rabu, 08 Juni 2011

DAFTAR PUSTAKA

Posted by Meeyee DoDoL Cuek On 00.15 No comments



Daftar pustaka memuat semua sumber tertulis (buku, artikrl jurnal, dokumen
resmi, atau sumber-sumber lain dari internet) atau tercetak (misalnya Compact disk,
video, film, atau kaset) yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan karya
tulis ilmiah. Semua sumber tertulis atau tercetak yang tercantum dalam uraian harus
dicantumkan dalam daftar pustaka. Sumber-sumber yang tidak pernah digunakan
dalam penulisan karya tulis ilmiah, tidak perlu dicantumkan, meskipun pernah dibaca
oleh peneliti.
Cara menulis daftar pustaka, berurutan secara alfabetis tanpa nomor urut.
Sumber tertulis/tercetak yang memakan tempat lebih dari satu baris, ditulis dengan
jarak antar baris satu spasi, sedangkan jarak antar sumber-sumber tertulis yang saling
berurutan adalah dua spasi. Cara menulis daftar pustaka dapat dilihat pada contoh di
bawah ini :
1. Kalau sumbernya buku
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR)
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan
Profesi Guru. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Wardani, I.G.A.K, Wihardit, dan Nasoetion. (2004). Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Jika buku ditulis lebih dari tiga orang, digunakan et al.
Ghiseli, E. et al. (1981). Measurement Theory for The Behavioral Sciences. San
Francisco : W.H. Freeman and. Co.
2. Kalau sumber jurnal
Namdeo, A. G. (2007). Plant Cell Elicitation for Production of Secondary
Metabolites.. Journal of Phyto-Biotechnology. (1), .71-79
3. Kalau sumbernya di luar jurnal atau buku
3
Cendrawati, C.S (2000). Kemampuan Kreatif Dalam Melakukan Elaborasi
Terhadap Konsep-Konsep Sistem Reproduksi Anthophyta. Tesis. UPI
Bandung : Tidak diterbitkan.
Dinata, A (2005). “Akibat Pengelolaan Sampah Setengah Hati”. Pikiran Rakyat
(28 Februari 2005). .
4. Kalau sumbernya dari internet
Duch, B.J (1995a). What is Problem-Based Learning ? [online]. Tersedia :
http://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-what.html[8 April 2005].
Duch, B.J (1995b). The Power Of Problem-Based Learning. [online]. Tersedia :
http://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-edit.html. [8 April 2005]
Duch, B.J (1995c). Problem-based Learning In Physics : The Power Of Students
Teaching Students.[online]. Tersedia : htp://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-
Phys.html. [8 April 2005]


Daftar pustaka memuat semua sumber tertulis (buku, artikrl jurnal, dokumen
resmi, atau sumber-sumber lain dari internet) atau tercetak (misalnya Compact disk,
video, film, atau kaset) yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan karya
tulis ilmiah. Semua sumber tertulis atau tercetak yang tercantum dalam uraian harus
dicantumkan dalam daftar pustaka. Sumber-sumber yang tidak pernah digunakan
dalam penulisan karya tulis ilmiah, tidak perlu dicantumkan, meskipun pernah dibaca
oleh peneliti.
Cara menulis daftar pustaka, berurutan secara alfabetis tanpa nomor urut.
Sumber tertulis/tercetak yang memakan tempat lebih dari satu baris, ditulis dengan
jarak antar baris satu spasi, sedangkan jarak antar sumber-sumber tertulis yang saling
berurutan adalah dua spasi. Cara menulis daftar pustaka dapat dilihat pada contoh di
bawah ini :
1. Kalau sumbernya buku
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR)
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan
Profesi Guru. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Wardani, I.G.A.K, Wihardit, dan Nasoetion. (2004). Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Jika buku ditulis lebih dari tiga orang, digunakan et al.
Ghiseli, E. et al. (1981). Measurement Theory for The Behavioral Sciences. San
Francisco : W.H. Freeman and. Co.
2. Kalau sumber jurnal
Namdeo, A. G. (2007). Plant Cell Elicitation for Production of Secondary
Metabolites.. Journal of Phyto-Biotechnology. (1), .71-79
3. Kalau sumbernya di luar jurnal atau buku
3
Cendrawati, C.S (2000). Kemampuan Kreatif Dalam Melakukan Elaborasi
Terhadap Konsep-Konsep Sistem Reproduksi Anthophyta. Tesis. UPI
Bandung : Tidak diterbitkan.
Dinata, A (2005). “Akibat Pengelolaan Sampah Setengah Hati”. Pikiran Rakyat
(28 Februari 2005). .
4. Kalau sumbernya dari internet
Duch, B.J (1995a). What is Problem-Based Learning ? [online]. Tersedia :
http://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-what.html[8 April 2005].
Duch, B.J (1995b). The Power Of Problem-Based Learning. [online]. Tersedia :
http://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-edit.html. [8 April 2005]
Duch, B.J (1995c). Problem-based Learning In Physics : The Power Of Students
Teaching Students.[online]. Tersedia : htp://www.udel,edu/pbl/ete/jan95-
Phys.html. [8 April 2005]



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar